Beranda · Map · Mod · Model · Tutorial Mapping · Lain - lain ·

Di Balik Layar Map Jowo ETS 2 Bag.2

....... sambungan dari Di Balik Layar Map Jowo ETS 2 Bag.1 

Ada beberapa anggota grup ETS 2 yang bersedia menjadi tester map baru saya, dengan semangat mereka pun mau mencoba map buatan saya ini. Dan apa yang terjadi ?? GATOTTT...alias gagal total , semua berakhir dengan crash. Hadehhhh...sudah semangat - semangat nya bisa buat map malah crash dan gagal yang saya dapati. Akhirnya saya sadar saya terlalu terburu - buru dalam pembuatan Map Jowo, terlalu semangat untuk membuat map yang besar dan mencakup banyak wilayah. Saya juga terlalu membabi buta dalam penggunaan model dari map lain, dan memang hasil inilah yang pantas saya dapatkan. Dan akhirnya Map Jowo V1 hanya sampai tahap tester beberapa user, saya memutuskan untuk membangun ulang map jowo mulai dari 0 lagi. Mengingat dari kejadian sebelumnya, pada pembuatan map versi kedua ini saya lebih memperhatikan game log dalam map editor, artinya setiap ada error tulisan merah pada game log saya langsung mencari tau penyebab error tersebut. Lebih baik saya membuat map kecil bersih dari error, dari pada map besar tapi penuh dengan error.



MAP JOWO





Untuk memperbaiki error yang muncul tentu saya tidak memikirkannya sendiri, Alhamdulillah mapper - mapper yang lain mau untuk meluangkan waktunya untuk membantu masalah map saya. Safarul Ilham, Ian Gancank, Adie Evergeen , dll merekalah yang sudah banyak membantu dalam perbaikan - perbaikan pada map yang saya buat ini. Perlahan error - error yang ada dalam game log pun mulai hilang, proses pembuatan map pun lanjut lagi. Saya pun mulai mengambil beberapa screenshot dari Map Jowo ini dan mempostingnya di grup -grup ETS 2 Indonesia. Respon positif pun diberikan oleh member -member grup tersebut, hal inilah yang membuat saya semakin semangat untuk melanjutkan Map Jowo. Bahkan tak jarang yang sudah menanyakan kapan Map Jowo akan dirilis dan menanyakan beberapa pertanyaan lainnya tentang map ini. Tapi saya tidak mau jatuh di lubang yang sama (^_^) , saya tidak mau terburu - buru menyelesaikan map ini sampai benar - benar bisa dijalankan tanpa crash. 

Sampai akhirnya setelah beberapa bulan ( bukan hari lho ya (^_^) ), map saya pun sudah mencakup beberapa wilayah di jalur pantura. Saya berpikir inilah waktu yanng tepat untuk rilis Map Jowo, awalnya sih inginnya semua wilayah pulau jawa terbuat dulu baru rilis, tetapi mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mewujudkannya. Setelah melewati beberapa tes dan lancar tanpa crash, akhirnya saya memutuskan untuk merilis map yang saya buat ini dengan nama "Map Jowo V 2". Map Jowo V2 merupakan map buatan saya yang benar - benar saya bagikan untuk umum untuk pertama kalinya. Mungkin sebagian dari rekan - rekan pengguna Map Jowo tidak pernah menyadari bahwa tidak ada Map Jowo V1 yang rilis untuk umum, Karena masalah di atas lah yang membuat Map Jowo langsung ke V2 ( versi 2 ).

Artikel keren lainnya: