Beranda · Map · Mod · Model · Tutorial Mapping · Lain - lain ·

Tutorial Map Editor ETS 2 bag.2 ( by D )

Lanjutan dari Tutorial Map Editor ETS 2 bag.1 ( by D ).

Mengenal Fungsi – Fungsi Menu Map Editor

Pada map editor ETS 2 terdapat beberapa menu yang digunakan dalam tahap pembuatan map, sebenarnya tidak semua menu diwajibkan dipakai saat pembuatan map ( tergantung kebutuhan ). Berikut merupakan menu – menu dan shortcuts yang sering dipakai saat pembuatan map ETS 2 :

Tombol Keyboard
Fungsi
1 + E
Untuk menambahkan road
2 + E
Untuk menambahkan prefab
3 + E
Untuk menambahkan building
4 + E
Untuk menambahkan model
5 + E
Untuk menambahkan sign
6 + E
Untuk menambahkan bezier patch
7 + E
Untuk menambahkan cut plane
8 + E
Untuk menambahkan mover
9 + E
Untuk menambahkan terrain
E
New item  ( membuat item baru )
M
Move item ( tekan M lalu geser objek untuk memindahkan )
D
Delete ( menghapus objek )
P
Item properties ( tekan P lalu klik node merah untuk buka item properties )
N
Node properties ( tekan N lalu klik node merah untuk buka node properties )
H
Height ( tekan H lalu geser objek ke atas atau bawah untuk atur ketinggian )
S
Start position ( untuk meletakkan mobil start saat run map )
R
Rotate X-Y-Z ( untuk memutar objek pilih objek lalu tekan R )
I
Import map ( untuk import map )
B
Brush ( untuk membuat brush pada lahan )
C
Camera mode ( untuk mengganti mode camera )
A
Background ( untuk menampilkan background map editor )
F
Untuk membuka menu Find
F5
Show map ( menampilkan map pada kanan atas )
F6
Drop to ground ( untuk meletakkan objek menempel pada tanah )
F9
Setting ( membuka setting weather )
F2
Untuk membuka Content Browser
F8
Recompute Map

Catatan : 1 + E bukan berarti anda tekan tombol 1 + E, tetapi setelah tekan 1 lalu tekan E. Shortcut - shortcut tersebutlah yang sering digunakan dalam pembuatan map ETS 2 , tentu masih ada beberapa lagi yang nantinya akan anda ketahui dan hafal seiring dengan pembuatan map.

TIPS :
“Tekan C untuk berpindah mode camera, untuk tampilan awal view camera hanya dari atas, untuk mengubah jadi free camera tekan C. Saat free camera tekan A,S,D,W untuk menggerakkan camera sambil gerakkan mouse. Jika gerakaan camera terlalu cepat, scroll mouse kebawah untuk mengurangi kecepatan, dan scroll ke atas untuk menambah kecepatan.”


Tahap Permulaan Mapping

Pada tahap awal pembuatan map ETS 2 jangan terlebih dahulu untuk fokus membuat map yang besar dan luas, boleh saja mempunyai keinginan untuk membuat map yang luas, tapi pada awal – awal pembuatan map fokuslah terlebih dahulu untuk menguasai map editor ini. Jika secara dasar map editor sudah dapat anda kuasai tentu untuk kedepannya akan terasa lebih mudah. Untuk tahap awal belajar mapping yang paling mudah dilakukan adalah mencoba terlebih dahulu membuat satu ruas jalan, kenapa cuma satu ruas jalan ? Ya, karena hanya dengan satu ruas anda nantinya dapat menambahkan beberapa macam objek disekitarnya. Untuk membuat jalan silahkan tekan 1 lalu E pada keyboard untuk membuka “Road item default properties”.


TIPS :

Road item default properties merupakan menu untuk mengatur jenis jalan yang akan dibuat.”



Berikut merupakan tampilan “Road item default properties” :



d-official


Menu
Fungsi
Road type
Memilih jenis jalan ( missal : 2 lajur , 4 lajur, 6 lajur, dll).

Road shader Memilih jenis permukaan jalan atau jenis aspal.
Central shader
Memilih jenis permukaan jalan bagian tengah ( khusus untuk jalan yang mempunyai bagian tengah, misal jalan 4 lajur ).
Terrain shader (LEFT) Memilih jenis medan atau lahan di sebelah kiri jalan ( memilih jenis tanah ).
Sidewalk (LEFT) Memilih jenis trotoar sebelah kiri jalan
Terrain shader (RIGHT) Memilih jenis medan atau lahan di sebelah kanan jalan ( memilih jenis tanah ).
Sidewalk (RIGHT) Memilih jenis trotoar sebelah kanan jalan
Type :

  • Road
  • City road
  • Jika dipilih Road maka jalan tanpa trotoar.
  • Jika City road jalan akan mempunyai trotoar

Untuk memulai membuat jalan, klik pada map editor dan tarik ke kanan ( panjang secukupnya ) dan klik lagi untuk mengakhiri panjang jalan. Jika sudah maka akan terbuat sebuah jalan, lihat gambar berikut ini :

d-official


Untuk mengubah view kamera menjadi free camera silahkan tekan “C” pada keyboard. Pada free camera posisi camera dapat digerakkan secara bebas dengan menggunakan tombol A,S,D,W dan gerakkan mouse. Jika gerakkan camera terlalu lambat scroll mouse up, dan jika gerakkan camera terlalu cepat scroll mouse down. Tampilan free camera akan seperti gambar berikut :

d-official


Tekan tombol “C” untuk kembali ke camera view atas agar dapat membuat settingan untuk jalan. Setelah itu tekan tombol “P” pada keyboard dan klik node (titik) merah pada jalan untuk membuka "Road item properties". Maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

d-official


TIPS :
Road item properties merupakan menu untuk mengatur semua komponen yang berhubungan dengan jalan (jenis tanah, lebar lahan, pohon di pinggir jalan, lampu, dll.”

Dalam Road item properties tersebut terdapat beberapa pilihan menu untuk mengatur semua komponen yang berhubungan dengan jalan tersebut. Beberapa fungsi menu tersebut adalah sebagai berikut :


Menu

Fungsi

Road Type
Memilih bentuk jalan ( contoh : jalan 2 lajur, 4 lajur, 6 lajur, dll).
Road Material
Memilih jenis aspal jalan.
Center

Material
Memilih jenis material untuk bagian tengah jalan ( khusus untuk jalan yang mempunyai bagian tengah kosong).
Vegetation
Untuk memilih jenis tanaman atau pohon pada bagian tengah jalan.
Density
Tingkat kerapatan pohon ( semakin kecil, pohon akan semakin rapat atau banyak).
Menu bagian kanan atas 

Road
Jalan biasa tanpa trotoar.
City road
Jalan dengan trotoar pada kanan kiri.
Distance type
Jarak pandang objek pada map.
* default : Jarak normal.
* short : Jarak dekat.
* medium : Jarak menengah.
* far : Jarak jauh.

High-poly road
Membuat model jalan lebih halus akan tetapi dapat membuat map lebih berat ( jika tidak ingin membuat map lebih berat maka gunakan pada saat membuat tikungan saja).
Low-poly veg.
Pohon yang ada di sekitar jalan akan menggunakan model low-poly ( mungkin grafiknya tidak terlalu bagus tapi dapat membuat map lebih ringan).
Superfine
Hampir sama dengan high-poly road namun membuat jalan sangat halus( semakin halus semakin membuat map menjadi berat).
No collision
Jika dicentang, maka jalan tidak bisa dilewati atau akan tembus.
Show in UI map
Membuat jalan muncul di UI map.
Water reflection
Membuat objek disekitar jalan akan mempunyai bayangan pada air.
No AI vehicle
Jika dicentang maka tidak ada traffic yang lewat pada jalan tersebut.
Left-hand traffic
Traffic akan berjalan pada lajur kiri( seperti di UK dan Indonesia).
No boundary
Jika dicentang maka dapat keluar dari jalan tanpa ada halangan.

LEFT - RIGHT

Terrain size
Untuk mengatur luas lahan pada pada pinggir jalan.
Terrain shader
Jenis tanah atau tumbuhan pada lahan.
Terrain
Jenis bentuk lahan ( bukit, jurang , rata, dll).
Sidewalk
Untuk memilih jenis trotoar ( jika memakai City road ).
Size
Ukuran trotoar.
Noise 
Tingkat kerataan lahan atau tanah ( pilih 0% agar lahan menjadi rata ).
Coef.
Untuk mengatur seberapa besar tingkat bentuk lahan ( berhubugan dengan bentuk terrain ).
Transition
Mengatur signifikan atau tidaknya, antara degradasi perubahan ketinggian lahan.

Menu Vegetation bawah

Vegetation
Memilih jenis pohon pada pinggir jalan.
Sparsity
Untuk menentukan tingkat kelebatan pohon ( semakin kecil semakin lebat ).
From
Posisi pohon awal ( 0 berarti mulai 0 m dari jalan ).
To
Posisi akhir pohon dari mulai titik awal.
( Misal posisi pohon From 10 To 100 , pohon akan berada pada jarak mulai dari 10 - 100 m dari  jalan ).
Scale
Untuk memilih skala pohon, semakin tinggi pohon akan terlihat lebih halus namu berat untuk map.
Hi-poly models
Untuk menentukan seberapa jarak pohon yang memakai hi-poly models.
( Misal pohon dibuat 5 - 100 m di buat Hi-poly models 20 , artinya hanya sampai jarak 20 pohon menggunakan hi-poly models sisanya menggunakan model 2D).

Menu Model bawah 

Model
Untuk memilih jenis model ( di sini untuk memilih jenis lampu jalan dan jenis pilar yang biasanya untuk jembatan ).
Distance
Jarak antar model.
Offset
Jarak posisi model dari jalan.
Menu Railing bawah

Railing
Untuk memilih jenis pagar atau pembatas jalan.
Offset
Jarak posisi railing dari jalan.

Set as default
Jika ingin menggunakan settingan yang sudah diatur menjadi default.
Use default 
Jika ingin menggunakan settingan default.

Cobalah beberapa menu di atas dan lihat perubahannya pada jalan, sebagai contoh settingan jalan yang dipakai dalam tutorial ini adalah sebagai berikut :

d-official


Dan gambar berikut adalah hasilnya :

d-official

TIPS :
“Jangan lupa untuk save map setiap jeda waktu tertentu untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan misalnya mati lampu dan lain-lain. Caranya adalah dengan memilih menu save atau logo save pada menu atas”.

Langkah selanjutnya adalah memberi model pada kanan dan kiri jalan. Untuk menambahkan model tekan tombol 4 lalu E pada keyboard dan pilih model yang ingin ditambahkan. Setelah itu letakkan model pada tempat yang diinginkan.

d-official

Untuk membuka settingan model tekan tombol “P” pada keyboard lalu klik node biru model maka akan muncul menu “Model item properties”.

d-official

Untuk fungsi – fungsi menu pada “Model item properties” adalah sebagai berikut :

Menu
Fungsi
Look
Memilih jenis tampilan model ( biasanya satu model mempunyai beberapa tampilan atau teksture ).
Variant
Memilih bentuk model ( biasanya satu model memnpunyai beberapa bentuk berbeda )
Scale
Untuk mengatur skala model ( besar kecilnya model ).
Water reflection
Jika dicentang maka model akan mempunyai bayangan di air.
Distance type
Untuk mengatur jarak pandang model.
Set as default
Menyimpan settingan sebagai default.
Use default
Menggunakan settingan default.



















Untuk menghiasi sekitar jalan silahkan tambahkan beberapa model di kanan dan kiri jalan. Bukalah “Content browser” agar dapat memilih model sambil melihat preview atau gambaran model tersebut, tekan F2 untuk membuka “Content browser”.

d-official

Tampilan di atas merupakan “Content browser”, untuk menambahkan model baru pilih “Model” pada menu samping lalu klik kanan pada  model yang dipilih dan pilih ”Insert to map”. 

TIPS :
“Content browser berisi semua konten yang dapat ditambahkan ke dalam map (building, model, prefab, sign, dll)”.

Tambahkan beberapa model sesuai dengan keinginan di kanan kiri jalan agar terlebih menarik ( jangan juga terlalu banyak model karena akan membuat map terasa lebih berat saat dijalankan). Buatlah kurang lebih seperti gambar berikut :

d-official


Bersambung..........

Artikel keren lainnya: