Pembuatan Script Map
Mungkin diantara proses mapping ETS 2 yang lain pembuatan script map ini termasuk yang yang sangat penting dan rawan menyebabkan game crash. Tapi anda tidak usah khawatir akan hal tersebut, script yang digunakan untuk menjalankan map ETS 2 sendiri tidak terlalu rumit tidak seperti script bahasa pemrograman yang ada.
- Script country
Script country berisi pengaturan negara yang digunakan dalam map ETS 2. Copy folder country dan file coutry.sii dari folder “Project Map > def” ( ingat sebelumnya anda sudah buat folder “Project Map”) lalu copy ke folder “def” base map anda yang anda buat .
Setelah copy paste buka folder country tersebut lalu hapus semua file dan folder yang ada di dalamnya “kecuali file uk.sii”. Rename uk.sii menjadi nama negara sesuai keinginan anda ( misal Indonesia.sii ) lalu buka file tersebut dan ubah menjadi seperti berikut ( sesuaikan nama negara dengan nama yang anda buat ) :
country_data: country.data.indonesia
{
country_id: 57
name: "@@indonesia@@"
country_code: "INA"
pos:(-42290, 0, -14150)
fuel_price: 1.59
lights_mandatory: false
imperial_units: true
leftside_traffic: true
driving_tired_offence: true
}
Lalu save.
Setelah itu ubah file country.sii, misalnya dalam contoh ini diubah menjadi country.jowo.sii, lalu buka file tersebut.
Ubah kode – kode yang ada dalam file tersebut menjadi seperti ini :
SiiNunit
{
@include "country/indonesia.sii"
}
#Sesuaikan nama dengan nama negara yang anda buat.
- Script city
Script city berfungsi untuk pengaturan kota yang anda buat ( nama kota, dealer, dll). Untuk script city buka folder def pada folder “Project Map” lalu copy folder city dan file city.sii dan paste pada folder def base map anda ( Ingat caranya sama dengan copy country di atas ). Sekarang di dalam folder def base map anda terdapat folder country, city, country.jowo.sii dan file city.sii.
Ubah atau rename city.sii menjadi misalnya city.jowo.sii ( nama “jowo” bisa diganti sesuai selera anda). Setelah itu buka file tersebut lalu hapus semua kode di dalamnya lalu ganti menjadi seperti berikut :
SiiNunit
{
@include "city/kotaku.sii"
}
Penjelasan script :
SiiNunit
{
( semua isi script ETS 2 harus berada diantara tanda { dan } berikut .
}
@include "city/kotaku.sii" > merupakan script untuk memanggil nama kota yang anda buat di folder city. Jika anda ingin membuat lebih dari satu kota maka tambah kode @include dibawahnya, contoh :
@include "city/kotaa.sii
@include "city/kotab.sii
@include "city/kotac.sii
@include "city/kotad.sii
Setelah selesai save.
Lalu buka folder city , hapus semua file yang ada di dalamnya kecuali file file aberdeen.sii, karena aberdeen.sii akan digunakan sebagai contoh. Rename aberdeen.sii menjadi kotaku.sii ( karena pada script city.jowo.sii city nya bernama kotaku). Lalu buka file tersebut.
city_data: city.aberdeen
{
city_name: "Aberdeen"
short_city_name: "Aberdeen"
city_name_uppercase: "ABERDEEN"
country: uk
map_x_offsets[]: 0
map_x_offsets[]: 0
map_x_offsets[]: 0
map_x_offsets[]: -3
map_x_offsets[]: -44
map_x_offsets[]: -40
map_x_offsets[]: -40
map_x_offsets[]: -41
map_y_offsets[]: 0
map_y_offsets[]: 0
map_y_offsets[]: 35
map_y_offsets[]: -8
map_y_offsets[]: -32
map_y_offsets[]: -39
map_y_offsets[]: -27
map_y_offsets[]: -26
vehicle_brands[]: "scania"
Ubah kode tersebut menjadi seperti ini :
city_data: city.kotaku
{
city_name: "Kotaku"
short_city_name: "Kotaku"
city_name_uppercase: "KOTAKU"
country: indonesia
map_x_offsets[]: 0
map_x_offsets[]: 0
map_x_offsets[]: 0
map_x_offsets[]: -3
map_x_offsets[]: -44
map_x_offsets[]: -40
map_x_offsets[]: -40
map_x_offsets[]: -41
map_y_offsets[]: 0
map_y_offsets[]: 0
map_y_offsets[]: 35
map_y_offsets[]: -8
map_y_offsets[]: -32
map_y_offsets[]: -39
map_y_offsets[]: -27
map_y_offsets[]: -26
vehicle_brands[]: "scania"
Ganti Aberdeen dengan kotaku karena nama kota nantinya kotaku, untuk country sesuai nama country atau negara yang anda buat tadi, pada bagian vehicle_brands [] : “scania” jadi jika pada kotaku terdapat prefab dealer maka dealer tersebut akan menjadi dealer truk scania. Setelah itu save.
List dealer yang bisa anda pakai :
- Scania
- Daf
- Volvo
- Man
- Mercedes
- Renault
- Iveco
TIPS :
“Jika anda tidak membuat dealer pada sebuah city maka script vehicle_brand akan diabaikan. Sebaliknya jika anda membuat dealer pada map, maka anda wajib membuat script vehicle_brand.”
- Script company
Script company berisi pengaturan untuk company yang anda tambahkan pada map editor. Untuk membuat script company copy folder company dari folder “Project Map .> def” lalu copy ke folder def base map anda. Maka di folder def base map anda akan terdapat folder city, company, country, country.jowo.sii dan file city.jowo.sii.
Karena company yang sebelumnya ditambahkan pada map editor adalah “tradeux” maka hapuslah semua file yang ada dalam folder company kecuali folder “tradeaux”.
Selanjutnya buka folder company, hapus folder “in dan out”. Lalu buka folder “editor”, hapus semua file tetapi sisakan satu file untuk diedit.
Dalam contoh di atas, disisakan file felixstowe.sii untuk diedit. Rename felixstowe.sii menjadi kotaku.sii. Lalu buka file tersebut.
TIPS :
“Kenapa kotaku.sii ? karena company tradeaux nya berada pada city “kotaku” nantinya (jika tradeaux berada di city “A” berarti file tersebut harus diubah menjadi “a.sii).”
SiiNunit
{
company_def : .felixstowe {
city: felixstowe
prefab: 31
}
}
Ubah menjadi seperti ini :
SiiNunit
{
company_def : .kotaku {
city: kotaku
prefab: 31
}
}
Untuk memeriksa apakah script yang sudah dibuat bekerja atau tidak silahkan masuk kembali ke map editor. Ingat arsip base anda terlebih dahulu lalu copy ke folder mod sebelum masuk ke map editor. Setelah masuk pada map editor, tambahkan city pada map yang anda buat. Pada “Item type” pilih “city”.
Lalu tekan “E” dan klik pada lokasi ( usahakan tengah kota yang akan anda buat ) maka akan muncul kotak merah da nada node warna coklat ( node city ).
Untuk memberi nama kota, tekan “P” pada keyboard lalu klik node city (node warna coklat).
Pada “City item dialog” pilih city dengan kota yang akan anda buat, dalam contoh ini tadi membuat city dengan nama “kotaku” ( Jika nama city yang anda buat pada script sebelumnya tidak muncul di sini berarti ada kesalahan saat anda membuat script city) lalu OK.
Lihat gambar di atas, semua prefab garasi, dealer, company harus berada dalam kotak merah ( city ) dan kotak merah harus terlihat atau di atas tanah seperti di atas ( untuk mengatur ketinggiannya pakai fungsi Height tekan tombol “H”). Sedangkan untuk mengatur luas kotak merah city anda dapat mengaturnya pada kolom “width dan height” (isi sesuai kebutuhan). Setelah itu save map, jika script city dan company yang anda buat benar, maka akan muncul logo company pada map editor, seperti gambar di bawah ini :
Setelah itu untuk menambahkan tayangan pembuka ( preview kota ) saat pertama kali memulai game dari kota baru, anda harus menambahkan “Camera point”. Untuk menambahkan camera point pada menu “Item type” pilih “Camera point”.
Selanjutnya tekan “E” pada keyboard lalu klik di lokasi dimana anda akan meletakkan camera point ( pastikan letaknya di dalam kota atau garis merah city atau dalam area city ). Maka akan muncul node segitiga ungu, seperti gambar berikut ini :
Tekan “P” lalu klik node tersebut, lalu pada kolom “Tags” isi dengan format sebagai berikut :
Namakota;cutscene
Contoh : kotaku;cutscene
Lalu “OK”, dan save map ( lakukan pada setiap kota yang anda buat ).
Sekarang akan dibahas bagaimana cara membuat agar traffic light ( lampu merah ) tidak double dan posisinya terbalik. Posisi lampu merah yang terbalik dan menjadi double disebabkan karena prefab yang digunakan adalah “prefab uk” ( model prefab yang ada akhiran _uk ), jika map yang anda buat ingin trafiknya berjalan di lajur kiri seperti di Indonesia , otomatis anda harus memilih prefab uk, karena hanya di UK yang trafiknya berjalan di kiri seperti di Indonesia. Nah untuk mengatasi masalah di atas anda dapat menggunakan model lampu merah UK juga agar lampu merah tidak double dan posisinya terbalik, caranya adalah sebagai berikut :
- Tekan “N” pada keyboard, lalu klik node merah jalan yang menyambung dengan prefab persimpangan, lihat node yang dilingkari berikut :
Setelah node tersebut anda klik maka akan muncul “Node properties”. Node properties sendiri berfungsi untuk mengatur posisi node ( lihat angka 0.00 pada kolom position , angka itu menunjukkan ketinggian node, anda dapat mengatur ketinggian objek dengan mengatur angka tersebut ) perputaran node ( lihat angka pada “Rotation” jika angkanya anda ubah maka objek akan berputar sesuai angka yang anda masukkan ), dll. Untuk mengubah model lampu merah dngan model UK centang pilihan “Country border” lalu pada bagian bawah ( Country ) pilih United Kingdom pada kedua kolom ( kanan dan kiri ) setelah itu “OK”. Simpan map ( klik logo save pada bagian atas ) , lalu “Recompute map” dengan cara tekan “F8” bisa juga melalui menu “Map” lalu pilih “Recompute map” , tunggu sampai proses selesai.
- Hasil
Sebelum :
Sesudah :
Sampai tahap ini satu kota atau city pada map ETS 2 sudah berhasil dibuat, sebelum mencoba “Run & Test” map buatlah terlebih dahulu satu kota lagi pada map editor, lalu sambungkan kota tersebut ke kota yang sudah anda buat sebelumnya.
Bersambung..........