Lanjutan dari
Tutorial Map Editor ETS 2 bag.3 ( by D ) .
Pemasangan Prefab
Dalam ETS 2 selain model dan building ada juga yang namanya “prefab”. Untuk membuat atau menambahkan prefab tekan 2 lalu E pada keyboard pilih salah satu lalu letakkan pada area yang diinginkan.
Menu
|
Fungsi
|
Category
|
Memilih
kategori prefab.
|
Prefab
model
|
Memilih
model prefab.
|
Prefab
look
|
Memilih
tampilan prefab ( jika tersedia ).
|
Variant
|
Memilih
variant prefab ( jika tersedia ).
|
Origin
|
Mengubah
letak node merah prefab.
|
TIPS :
“Jangan lupa untuk memilih prefab dengan akhiran _uk (untuk jalan atau persimpangan) agar trafik berjalan di lajur kiri (seperti gambar di atas) .”
Seperti contoh di atas akan ditambahkan prefab pertigaan maka harus disambungkan ke jalan. Untuk menyambungkan prefab pertigaan dan jalan sambungkan node merah prefab dengan node hijau jalan. Sebelumnya putar dahulu prefab agar posisinya sesuai dengan jalan ( ingat untuk memutar dengan tombol R). Untuk memindahkan prefab atau objek lainnya terlebih dahulu tekan “M” pada keyboard lalu klik node dan tahan serta geser objek.
Ada kalanya saat penyambungan prefab dengan jalan anda akan menemukan kondisi dimana node merah prefab bertemu dengan node merah jalan, tentu jika dalam kondisi tersebut prefab dan jalan tidak akan bias disambungkan. Solusi nya adalah dengan mengubah posisi node merah prefab , caranya adalah dengan mengubah origin saat memilih prefab.
Seperti gambar di atas ubahlah origin dan lihat perubahan letak node merah pada prefab. Setelah prefab tersambung atau terpasang, berikutnya adalah mengatur settingan prefab dengan cara tekan “P” pada keyboard lalu klik node merah pada prefab, maka akan muncul menu seperti berikut :
Menu
|
Fungsi
|
Model
|
Memilih
model prefab.
|
Look
|
Memilih
jenis tampilan prefab ( jika ada ).
|
Variant
|
Memilih
variant prefab ( jika ada).
|
No
boundary
|
Jika
dicentang tidak ada batasan pada prefab, jika tidak dicentang saat
anda melewati pinggir prefab akan membentur sesuatu yang tidak
terlihat.
|
Left-hand
traffic
|
Untuk
membuat trafik berjalan di lajur kiri.
|
No
AI vehicles
|
Jika
dicentang maka tidak ada trafik yang lewat.
|
No
activation
|
Untuk
menghapus prefab, jangan lupa untuk mencentang menu ini.
|
Show
in UI map
|
Untuk
menampilkan prefab di ui map atau world map.
|
Use
semaphores
|
Menambahkan
semaphores ( lampu merah ).
|
Distance
type
|
Jarak
pandangan prefab.
|
Menu
Bagian Bawah
|
Node
0, Node 1, Node 2, Node 3
|
Terrain
|
Untuk
menambahkan lahan prefab.
|
Profile
|
Model
lahan prefab.
|
Veget.
|
Memilih
jenis pohon pada lahan.
|
Sparsity
|
Mengatur
tingkat kelebatan pohon.
|
From
|
Jarak
mulai pohon.
|
To
|
Jarak
akhir pohon.
|
Hi-poly
models
|
Mengatur
ukuran model hi-poly.
|
Scale
|
Mengatur
skala pohon
|
Size
|
Mengatur
luas lahan.
|
TIPS :
“Jika prefab dan jalan yang akan disambung mempunyai ketinggian yang berbeda maka kedua objek tersebut tidak akan bisa tersambung. Solusinya adalah saat menyambung node sambil tekan dan tahan “ALT” maka kedua objek tersebut tersambung, jadi tidak perlu menyamakan ketinggian kedua objek tersebut.”
Untuk settingan prefab seperti di atas maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini. (Tidak perlu bingung jika menemukan lampu merah yang terbalik pada prefab, nanti akan dibahas di bawah).
Jika prefab pertigaan sudah disetting sesuai keinginan, maka buatlah road baru dan sambungkan pada prefab pertigaan tersebut. Pada prefab di atas terdiri dari 1 jalan 2 lajur dan 2 jalan 4 lajur, maka cari lah model jalan dengan 4 lajur untuk menyambungnya.
Lihat gambar di atas prefab disambungkan dengan jalan 4 lajur. Tambahkan beberapa model dipinggir jalan tersebut agar terlihat lebih nyata. Selanjutnya adalah pemasangan prefab garasi, prefab garasi merupakan prefab yang wajib dipasang dalam map editor jika anda ingin membuat sebuah kota di map. Bukalah menu prefab dengan tekan 2 lalu E dan pilih model prefab “garage”, dalam contoh ini digunakan model “garage/garage.ppd”, lalu letakkan pada lokasi di mana anda ingin menempatkan garasi.
Pada contoh di atas garasi harus menyambung ke jalan ( road ) untuk itu diperlukan sebuah prefab pertigaan untuk menyambungnya. Dan sebagai contoh akan di tambahkan prefab pertigaan “cross/road1_x_road1_t_nt_uk.pmd” untuk menyambung garasi dan jalan. Lihat gambar berikut ini :
Jika sudah jangan langsung sambungkan garasi dan pertigaan seperti di atas. Karena jika langsung disambung maka akan menjadi seperti ini :
Prefab pertigaan akan hilang jika langsung disambungkan dan hanya node nya saja yang muncul. Untuk mengatasi masalah tersebut solusinya adalah sebagai berikut :
- Tekan “P” pada keyboard lalu klik node merah garasi pada kolom “Y rotation” copy angka yang terdapat pada kolom tersebut ( CTRL + C ) lalu close.
- Sambungkan garasi dengan pertigaan ( pertigaan akan hilang ) lalu tekan “P” pada keyboard dan klik node merah pertigaan , lihat contoh berikut node merah pertigaan dilingkari merah :
Maka akan muncul menu berikut :
Paste angka yang tadi dicopy ke kolom “Y rotation” prefab pertigaan, lalu klik “OK”. Dan hasilnya garasai dan pertigaan dapat tersambung sempurna.
Geser dan sambungkanlah garasi dan pertigaan tersebut ke jalan ( sambungkan node hijau pertigaan ke node merah jalan ). Untuk menggeser node tekan “M” pada keyboard lalu klik dan tahan node sambil menggesernya. Buatlah jalan baru juga dan sambungkan dengan node hijau pertigaan yang satunya. Kurang lebih hasilnya akan seperti berikut :
TIPS :
“Untuk menambahkan komponen pada prefab garasi tekan “P” lalu klik node merah garasi untuk membuka prefab item properties lalu pada bagian bawah klik menu “Add sign”. Komponen yang dimaksud adalah lampu, sign, dll”.
Tentu masing – masing pembuat map mempunyai selera tersendiri dalam menghias map. Pada gambar di atas terlihat ada ruang kosong di belakang garasi ( warna hitam ), tentu ruang tersebut harus ditutup dan untuk menutupnya anda dapat menggunakan menu “Terrain”. Untuk membuka menu terrain tekan 9 lalu E pada keyboard, Pada kolom “Terrain shader” pilih salah satu jenis terrain, sedangkan pada kolom “Terrain” merupakan bentuka terrain ( datar, bergelombang, berbukit, dll).
Untuk menambahkan terrain, klik pada bagian yang ingin ditambahkan terrain lalu taris garis misalnya dari kiri ke kanan ( sama seperti saat menambahkan building ), setelah dirasa cukup tekan “ESC”. Lihat contoh berikut :
Setelah selesai hasilnya akan menjadi seperti berikut :
Pada gambar contoh di atas terlihat terrain kurang panjang dan belum menutupi semua bagian yang hitam . Untuk mengatur terrainnya tekan “P” pada keyboard lalu klik node merah pada terrain.
Untuk mengatur panjang atau ukuran terrainnya isilah angka sesuai kebutuhan pada kolom “Terrain size”. Untuk menu – menu yang lain fungsinya sama dengan menu – menu yang ada pada “Road item properties” pada road atau jalan.
TIPS :
“Anda juga dapat melebarkan terrain dengan cara tekan “M” pada keyboard, lalu klik dan tahan serta geser node pada terrain”.
Bersambung........